Kontrak Kerja Pramugari Maskapai Penerbangan di Indonesia

Kontrak Kerja Pramugari Maskapai Penerbangan

Kontrak Kerja Pramugari Maskapai Penerbangan

Kontrak Kerja Pramugari Maskapai Penerbangan di Indonesia? Seperti pekerjaan yang lain, pramugari memiliki masa kontrak kerja dengan maskapainya. Di profesi ini, kontrak kerja sedikit unik dibanding dengan pekerjaan yang lain.

Pekerjaan ini sebenarnya mengedepankan keselamatan penerbangan, tetapi dalam prakteknya juga memperhatikan penampilan tiap pelakunya. Maka dari itu, faktor penampilan dan usia sangat diperhitungkan dalam pekerjaan yang menjadi favorit sebagian wanita Indonesia ini.

Memang, ada yang mengatakan bahwa pramugari disyaratkan tidak boleh menikah/ hamil selama berlangsung wajib kerja. Selain itu, di beberapa maskapai, pramugari disyaratkan muda dan cantik.

Dalam proses status ketenaga kerjaannya, setelah 5 tahun seorang pramugari baru dapat meyandang status sebagai pekerja tetap. Peraturan tersebut tergantung dari pihak maskapai. Status pekerja tersebut juga mempengaruhi gaji tentunya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai kontrak kerja pramugari di beberapa maskapai penerbangan yang ada di Indonesia.

Berapa Tahun Kontrak Kerja Pramugari Penerbangan di Indonesia?

  1. Kontrak Kerja Pramugari di PT Garuda Indonesia

PT Garuda memberlakukan batasan usia untuk pramugari, yakni 36 tahun. Jika batas usia tersebut sudah terlampaui, otomatis ia harus angkat kaki dari maskapai penerbangan ternama di Indonesia ini.

Pembatasan usia ini dilakukan PT Garuda konon atas pertimbangan terhadap masukan para pengguna jasa pesawatnya. Para pengguna jasa ini membandingkan pramugari yang ada di PT Garuda dengan maskapai lain yang lebih muda.

Namun, peraturan tersebut tidak kaku sebagaimana tertulis pada surat perjanjian kerja bersama. Meskipun usia seorang pramugari sudah mencapai angka 36, ia tetap dapat bekerja di PT Garuda sesuai syarat yang telah ditentukan.

Memang, pada awalnya, batas usia pramugari di PT Garuda mengikuti standar umum, yakni 56 tahun. Keputusan PT Garuda ini juga menuai beberapa kritik dari pihak terkait. Perubahan ini sebenarnya kurang berpihak kepada para pramugari. Namun, masih ada maskapai lain yang tidak memensiunkan pramugari sedini itu yang layak dipertimbangkan.

  1. Kontrak pramugari di Air Asia

Kontrak kerja di Air Asia agak lama dibandingkan dengan PT Garuda. Batasan usia pensiun pramugari di Air Asia mencapai 46 tahun. Tentunya, di Air Asia, Anda akan dapat berkarir sebagai pramugari lebih lama dan lebih memuaskan.

Anda juga akan menikmati gaji besar lebih lama dibanding dengan berada di PT Garuda. Sebagai pembanding dari keduanya, banyak maskapai luar negeri yang batas usia pensiun pramugarinya adalah 56 tahun, seperti All Nippon Airways, Cathay Pacific, dan China Airlines. Di Indonesia memang peraturan kontrak untuk pramugari lebih ketat.

Kontrak pramugari di beberapa maskapai di Indonesia cenderung singkat. Tak ayal jika banyak pramugari di beberapa maskapai penerbangan di Indonesia yang masih muda-muda dan cantik.

Bekerja sebagai pramugari memang sebaiknya harus meningkatkan kemampuan untuk bekerja di bidang yang lain. Hal itu bisa disiasati dengan kuliah atau menabung. Uang tabungan dapat digunakan untuk berinvestasi di bidang lain. Hal itu perlu dilakukan mengingat batas usia untuk menjadi pramugari di Indonesia relatif singkat.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai kontrak kerja di beberapa maskapai penerbangan yang ada di Indonesia. Ulasan tadi dapat Anda jadikan referensi dalam memilih maskapai mana yang akan Anda masuki setelah lulus dari sekolah pramugari. Mempertimbangkan kontrak kerja yang ditawarkan oleh perusahaan penerbangang memang sangat penting.

Hal tersebut menentukan karir Anda sebagai pramugari ke depan. Tidak menutup kemungkinan bahwa keunggulan suatu maskapai penerbangan tidak hanya ditentukan oleh masa kontrak kerja yang ditetapkan. Setidaknya, hal tersebut dapat Anda jadikan bahan petimbangan. Semoga bermanfaat.

Share this:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.