Jenis Jenis Dangerous Goods Regulations

Jenis Jenis Dangerous Goods Regulations

Jenis Jenis Dangerous Goods Regulations

Inilah Daftar Nama Jenis Jenis Dangerous Goods Regulations Yang Dilarang Dalam Penerbangan, Bahan atau barang dengan sifat berbahaya yang jika tidak terkontrol dengan baik dapat menghadirkan potensi bahaya bagi property, lingkungan, kesehatan dan keselamatan manusia, organisme hidup lainnya, infrastruktur maupun alat transportasi.

Pengangkutan Dangerous Goods dikendalikan dan diatur di tingkatan nasional maupun internasional, Kerangka peraturan ketat untuk pengangkutan Dangerous Goods termasuk mendapatkan Rekomendasi dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Perlu adanya petunjuk Teknis ICAO, Peraturan Barang Berbahaya IATA dan Kode Barang Berbahaya Maritim Internasional. Secara kolektif, aturan ini mengamanatkan sarana dimana barang-barang berbahaya akan ditangani, dikemas, diberi label dan diangkut dengan kehati-hatian.

Inilah Daftar Nama Jenis Jenis Dangerous Goods Regulations Yang Dilarang Dalam Penerbangan

  1. Bahan peledak
  2. Gas
  3. Cairan mudah terbakar
  4. Benda padat yang mudah terbakar
  5. Zat Oksidasi
  6. Zat yang menginfeksi bersifat patogenik, asphyxiating, biohazardous, toksik dan
  7. Bahan radioaktif
  8. Bahan bersifat korosif
  9. Jenis barang berbahaya lainnya yang bersifat kimia atau memiliki potensi atau karakteristik berbahaya pada keadaan tertentu.

Apa Saja Bahan Peledak Yang Biasa Diangkut

Kelas bahan peledak adalah bahan atau benda yang memiliki kemampuan cepat untuk terkontaminasi atau meledak sebagai konsekuensi reaksi kimia. Bahan peledak yang biasanya diangkut ialah Amunisi atau peluru, Kembang api atau pyrotechnics, Flare, Blasting caps atau detonator, Sekering, Kabel detonator, Air bag inflators, Igniters, Rockets, TNT, komposisi TNT, RDX, komposisi RDX, PETN dan komposisi PETN.

Kelas Gas didefinisikan oleh peraturan Dangerous Goods sebagai zat yang memiliki tekanan uap 300 kPa atau lebih besar pada suhu 50°C atau gas pada suhu 20°C pada tekanan atmosfir standar, dan seluruh item yang mengandung syarat tersebut. Kelasnya meliputi gas terkompresi, gas cair, gas terlarut, gas cair berpendingin, campuran satu atau lebih gas, barang yang diisi dengan gas dan aerosol.


Peraturan Dalam Pengemasan Dangerous Goods Regulation

Terdapat banyak peraturan tentang pengemasan, pelabelan, pengiriman barang berbahaya dan juga pelatihan bagi tenaga kerja bagian pengangkutan. Dalam bidang transportasi pengangkutan Dangerous Goods sangat memerlukan penanganan khusus, terlebih lagi bagi transportasi udara umum.

Dalam proses penanganan Dangerous Goods pemerintah masing-masing Negara telah memberikan izin khusus bagi perusahaan pengiriman atau perusahaan logistik tertentu yang telah memenuhi persyaratan.

Perusahaan logistik atau perusahaan pengiriman yang menangani pengangkutan Dangerous Goods biasanya merupakan perusahaan yang telah mengkhususkan diri pada jasa pengiriman barang-barang berbahaya.

Seluruh standar peraturan telah diikuti seperti penempatan, pengemasan, pelabelan, dan perizinan distribusi hingga pelatihan dengan baik bagi tenaga kerja yang akan menangani pengangkutan Dangerous Goods.


Lalu Bagaimana Dangerous Goods di Negeri Lain?

Di Amerika Serikat, Dangerous Goods sering kali ditandai oleh papan nama atau label berbentuk berlian yang ditempelkan pada item tersebut, pada kontainernya, atau pun pada bangunan tempat penyimpanannya. Prancis setelah Perang Dunia II adalah tempat awal mula diadakannya sistem pemberian label berlian berwarna untuk identifikasi Dangerous Goods.

Warna setiap berlian menunjukkan jenis bahayanya, misalnya mudah terbakar ditunjukkan dengan warna merah, karena api dan panas umumnya berwarna merah, sedangkan bahan peledak ditandai dengan berlian berwarna jingga, karena pencampuran merah (mudah terbakar) dengan zat pengoksidasi kuning membuat berwarna jingga.

Gas nonflammable atau nontoxic diindikasikan dengan berlian warna hijau, karena semua bejana udara bertekanan identik memiliki wara hijau. Di Amerika Serikat, Inggris dan di Kanada, Dangerous Goods lebih dikenal sebagai Hazardous Materials (disingkat HAZMAT). Tim tenaga kerja yang menangani Hazmat adalah personel yang dilatih secara khusus untuk menangani pengangkutan Dangerous Goods.


Pendaftaran Sekolah AVSEC Resmi Terbaru di Indonesia

Biaya Pendidikan AVSEC Klik disini!!
Untuk Anda Yang Masih Kelas 12 SMA/SMK/Sederjat, Silahkan Melakukan Pendaftaran Dari Sekarang & Memilih Gelombag Pendidikan Yang Sesuai Dengan Tahun Kelulusan Anda. Sedangkan Untuk Informasi Pendaftaran Hubungi Kak Budi (WA) 081293917636,-

Itulah Informasi Tentang Daftar Nama Jenis Jenis Dangerous Goods Regulations Yang Dilarang Dalam Penerbangan Semoga Informasi Ini Dapat Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Share this:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by