Seperti Apakah Jenjang Karir Pramugari Maskapai Penerbangan?

Jenjang Karir Pramugari

Jenjang Karir Pramugari

Seperti Apakah Jenjang Karir Pramugari Maskapai Penerbangan? Anda ingin bekerja sambil berwisata gratis? Tanpa biaya akomodasi dan bebas biaya transportasi? Melepaskan kepenatan dengan melihat birunya awan? ya semua itu akan Anda dapatkan dengan menjadi pramugari.

Karir seorang pramugari dapat Anda mulai sejak lulus SMA atau SMK, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi lulusan D3 serta S1. Pada hakikatnya sekolah pramugari tidaklah wajib, akan tetapi sangatlah bermanfaat bagi Anda.

Dengan mengenyam pendidikan di sekolah khusus pramugari, Anda akan lebih paham tentang dunia penerbangan. Pengetahuan tersebut nantinya akan bermanfaat ketika Anda mengawali karir. Berikut akan kami sajikan informasi terkait cara berkarir menjadi pramugari.

Pengertian Pramugari

Pramugari merupakan salah satu profesi yang didambakan setiap wanita muda. Selain kisaran gaji yang besar, ada kebanggaan tersendiri di kalangan masyarakat. Sebagian besar masyarakat menilai jika profesi ini sangatlah mudah, cukup bermodalkan wajah cantik dengan tubuh ideal yang tinggi.

Semua itu tidaklah benar, banyak syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang pramugari, terutama perihal attitude. Sikap yang baik dan penampilan menarik sangat diperlukan, mengingat perusahaan bergerak dalam bidang jasa pelayanan.

Seorang pramugari mengemban tanggung jawab yang besar ketika penerbangan, Perihal keselamatan dan kenyamanan penumpang menjadi prioritas utama. Bahkan ketika berada dalam kondisi terburuk, pramugari menjadi bagian terdepan dalam proses penyelamatan. Sehingga dibutuhkan dedikasi tinggi, ketangguhan, dan ketrampilan khusus.

Jenjang Karir Pramugari Maskapai Penerbangan

Untuk menjadi pramugari membuthkan proses panjang. Anda berminat menjadi pramugari? Ada tiga tahapan yang harus Anda lalui, berikut penjelasannya:

  1. Tentukan Maskapai Penerbangan
    Di Indonesia ada banyak maskapai penerbangan. Penerbangan domestic di wilayah Indonesia, seperti Citilink, Sriwijaya Air, Lion Air, Garuda Indonesia, Merpati, dan lain sebagainya. Singapore Airlines menjadi salah satu contoh penerbangan internasional. Langkah awal untuk karir seorang pramugari ialah memilih maskapai penerbangan Anda. Tentu semua maskapai baik karena memiliki kelebihan masing-masing.
  1. Mendaftarkan diri
    Langkah kedua yaitu mendaftarkan diri sebagai pramugari dengan mengirimkan lamaran pekerjaan kepada maskapai yang Anda pilih.
  1. Mengikuti Tes Seleksi
    Seleksi untuk setiap maskapai penerbangan tidak jauh berbeda. Ada yang memiliki kriteria khusus, ada yang tidak. Semua itu tergantung setiap maskapai. Seorang pramugari harus mengerti betul tentang kepramugarian, termasuk tata cara penerbangan, sikap yang baik, serta tugas yang diembannya. Untuk menjadi pramugari ada 2 tahap seleksi yang harus ditempuh, diantaranya ialah
  1. Tahap Seleksi Awal
    Tahap seleksi awal meliputi kriteria umum yang menjadi syarat utama untuk menjadi pramugari. Syarat tersebut dilihat dari keadaan fisik dan kemampuan berkomunikasi. Contohnya:

    • Penampilan menarik dengan postur tubuh tinggi dan berat badan yang seimbang.
    • Memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
    • Penglihatan sehat, tidak buta warna ataupun berkacamata.
    • Tahap seleksi akhir

Di tahap seleksi akhir calon pramugari akan melalui proses seleksi bertahap dengan sistem gugur. Tahapan pertama ialah mengukur tinggi badan. Seorang pramugari harus memiliki tinggi dan berat badan proporsional.

Selain itu juga akan diperiksa gaya hidup Anda dengan memerikas kebersihan wajah dan kulit. Tahap kedua, psikotest. Pada tahapan ini Anda akan diminta mengerjakan test yang akan menentukan seberapa kemampuan Anda.

Wawancara wawasan kompetensi dan wawancara dengan user merupakan tahapan ketiga. Wawasan kompetensi terkait dengan latar belakang pendidikan kita dan inforrmasi seputar kepramugarian. Sedangkan wawancara dengan user meliputi dunia penerbangan.

Tahapan terakhir ialah medical checkup. Pada tahap ini kesehatan Anda akan diperiksa mulai dari gigi, mulut, jantung, dan paru-paru. Jika Anda lolos, ada satu tahapan lagi yang harus dilalui yaitu tahap wawancara langsung dengan direksi maskapai penerbangan. Inilah yang akan menentukan Anda diterima atau tidak.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Jenjang Karir Pramugari Maskapai Penerbangan. Semoga bermanfaat.

Share this:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.